10 Deretan Agama Paling Tua Di Dunia

CeritaUnizz.Blogspot.Com - Ingat saya cuma menerima , SHARE kalau berguna, dan jangan lupa

Tujuan Saya bikin Blog ini, pastinya tidak bermaksud untuk SARA dan juga berbagi pengetahuan tentang agama apa sih yang paling tua di dunia, dan di sini saya mengingatkan, semua agama itu sama saja, kita saling mencintai Tuhan tetapi caranya berbeda-beda. Saya ingatkan No SARA dan Blog ini cuma untuk menjernih kan pikiran Anda semua. Soal sumber, nanti pasti saya cantumkan.

Agama, menurut Saya, adalah koleksi atau kumpulan kepercayaan yang menghubungkan manusia dengan penciptanya (Tuhan/Allah).

10 Urutan Agama Tertua dan Terbesar Di Dunia
Agama itu menurut saya, merupakan privasi masing-masing, hubungan antara Tuhan dengan manusia itu sendiri, sehingga seharusnya kita tidak menilai setiap orang cuma karena agamanya, Cuma Tuhan yg berhak menilai, karena urusannya kan nantinya ke Tuhan.

Jenis Agama
Agama, ada yang jenisnya adalah agama bumi dan agama langit. Apa itu?
- Agama Samawi (Langit): agama yang wahyunya turun dari langit seperti majusi, yahudi, nasrani dan islam.
- Agama Ardhi (Bumi): agama yang diciptakan oleh manusia seperti buddha, hindu, konghuchu.
Tetapi apapun agamanya, ajarannya tetap BERBUAT KEBAIKAN.

Oke langsung saja kita mulai, kenapa cuma 10? Masalahnya agama di dunia ini ada 4.200 (menurut wiki), dan saya cuma mengurutkan yg besar aja ini sudah saya urutin ya, dari yang paling tua dulu pastinya, SEBELUM MASEHI=HITUNG MUNDUR. SETELAH MASEHI=HITUNG MAJU.

1. Hindu

: Agama ini diperkirakan muncul antara 6000-7000 tahun SM. adalah agama tertua di dunia yang masih bertahan sampai sekarang. Hindu adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar jiwa.


2. Buddha : Sebuah agama yang diasaskan dari Siddharta Gautama, mulai dari 2600 tahun SM dan adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia, setelah Hindu. Buddha merupakan gelar kepada individu yang menyadari potensi penuh mereka untuk memajukan diri dan yang berkembang kesadarannya. Dalam penggunaan kontemporer, sering digunakan untuk merujuk Siddharta Gautama, guru agama dan pendiri Agama Buddha. Dalam penggunaan lain, merupakan contoh bagi manusia yang telah sadar. Mempunyai kurang lebih 500 juta penganut di dunia.



3. Yahudi
Lahir sekitar tahun 992 SM, inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan, kepada mereka dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia. Sekarang, Yahudi kurang lebih mempunyai 18 juta pengikut.

4. Kristen
Diketahui sebenarnya lahir antara 6 SM-4 SM. Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan monoteistik yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus menurut Perjanjian Baru. Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias yang diramalkan dalam Perjanjian Lama, juruselamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mempunyai penganut sekitar 2,1 milyar orang di dunia.

5. Shinto
Shinto adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang. Shintoisme pada mulanya adalah merupakan perpaduan antara faham serba jiwa (animisme) dengan pemujaan terhadap gejala-gejala alam. Mempunyai 27 – 65 juta penganut seluruh dunia.

6. Agama Rakya China
 Diketahui pada tahun 583 SM, Agama Rakyat China ialah agama turun temurun bangsa Cina. Ia sebenarnya adalah satu budaya tradisional yang dituruni dari satu generasi ke satu generasi secara lisan. Lebih-lebih lagi agama ini tidak mempunyai kitab agama dan tidak pula mempunyai institusi yang memeliharanya. Oleh itu ajaran agama ini adalah tidak jelas, dan berbeda-beda dari satu tempat ke satu tempat. Tetapi secara umumnya agama ini mendukung konsep "yang baik dibalas baik, yang buruk dibalas buruk". Ajaran ini lebih ke Konghucu, dan mempunyai penganut 400 juta orang di dunia.

7. Agnostik
Lahir pada abad 5 SM, namun istilah agnotis sendiri diutarakan pada tahun 1869. Agnostisisme adalah suatu pandangan filsafat bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, dan lainnya yang tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Agnostik, orang yang tidak percaya apa yang dikatakan oleh agama, tapi dia percaya adanya Tuhan. Mempunyai 1,1 milyar penganut di dunia

8. Islam
 Diketahui lahir pada tahun 622 M, Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Allāh. Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Allah. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah. Mempunyai 1,5 milyar umat di dunia.

9. Sikh
 Agama Sikh bermula di Sultanpur, berhampiran Amritsar di wilayah Punjab, India. Pengasas agama ini ialah Guru Nanak (1469-1539), namun, Kepercayaan Sikh, atau lebih dikenal dengan nama “Khlasa” atau “yang murni” berasal dari agama Hindu, muncul dalam tahun 1699 M dan dianggap sebagai kepercayaan yang paling kontemporer di dunia ini. Mempunyai lebih dari 23 juta pengikut di dunia.

10 Indugenous

 
Lahir sekitar tahun 1970, Indigenous adalah orang-orang, komunitas, dan bangsa yang asli di daerah tertentu. Banyak adat budaya merupakan minoritas yang menonjol dalam masyarakat mayoritas-budaya kebarat-baratan, dan mereka biasanya bermaksud menuju melestarikan, menghidupkan, dan meningkatkan kohesi dan keunikan nilai-nilai tradisional mereka, sosial dan adat istiadat, bersama dengan upaya sungguh-sungguh untuk mengirimkan pengetahuan ini untuk generasi mendatang. Agama Indigenous masih banyak ditemui di kawasan benua Afrika, Amerika dan Asia. Mempunyai kurang lebih 450 juta pengikut di dunia.

Sekian dari Saya, terima kasih  sudah mampir ke blog saya. Sekali lagi, karena Blog ini sebenarnya cuma untuk menggali wawasan dan bukan memprovokasi. Saya Cuma mengingatkan, yang bikin provokasi itu hanyalah orang-orang fanatik saja, alias oknum. Junjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Saya menerima pertanyaan/kritik/saran/pembenaran, makasih dan maaf berantakan


Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
JEJE
admin
February 4, 2020 at 5:35 AM ×

SUHU DOMINO adalah game terpopuler di INDONESIA.
SUHU DOMINO menyediakan game POKER ONLINE, GAPLE ONLINE, DOMINO QQ.

Congrats bro JEJE you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Image and video hosting by TinyPic